Selasa, 23 Desember 2014

CERPEN ETIKA DAN PROFESI



Nina  seorang karyawan yang bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan swasta. Nina merupakan salah satu karyawan yang teladan serta dapat diandalkan dalam bidangnya. Nina seorang karyawan yang teliti serta rajin. Nina tidak pernah datang ke kantor terlambat kecuali ada halangan yang mendesak yang menyebabkan Nina datang terlambat ke kantor.
Dalam jangka waktu lima tahun Nina sudah dapat menikmati hasil kerja kerasnya dengan menjabat sebagi manager di perusahaan tempat Nina bekerja dari karyawan biasa. Selama tiga tahun Nina menjabat sebagai manajer di perusahaan tersebut.
Secara perlahan perusahaan yang Nina pimpin mengalami kebangkrutan , karena sikap Nina dalam menjalankan kinerja di dalamnya tidak sesuai dengan prosedur yang ada di dalamnya yang sbelumnya prosedur itu sudah ada tercantum sebagai prosedur di dalam perusahaan tersebut yang di jadikan pedoman untuk seluruh karyawan dalam mengambil keputusan.
Dari cerita diatas hikmah yang dapat kita ambil adalah etika dalam menjalankan profesi. Hendaknay mengambil keputusan berdasarkan prosedur yang diberlakukan pada perusahaan tersebut. Dan tetap menjaga kerahasiaan perusahaan dan perilaku yang baik yang tertanam dalam diri kita masing-masing sebagai manusia tentunya .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar