Pengertian Etika
Etika merupakan aturan perilaku, adat pergaulan manusia dalam pergaulan antar sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.
Kata Etika sendiri berasal dari kata ETHOS dari bangsa Yunani yang memiliki arti nilai – nilai, norma – norma, kaidah dan ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik. Etika bisnis mencapai status ilmiah dan akademis dengan identitas sendiri, pertama kali timbul di amerika srikat pada tahun 1970-an
FAKTOR PENDUKUNG IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS
Etika merupakan aturan perilaku, adat pergaulan manusia dalam pergaulan antar sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.
Kata Etika sendiri berasal dari kata ETHOS dari bangsa Yunani yang memiliki arti nilai – nilai, norma – norma, kaidah dan ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik. Etika bisnis mencapai status ilmiah dan akademis dengan identitas sendiri, pertama kali timbul di amerika srikat pada tahun 1970-an
FAKTOR PENDUKUNG IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS
1.
Adanya kepedulian terhadap mutu kehidupan kerja oleh manajer atau peningkatan “Quality of Work Life”.
2.
Adanya “Trust Crisis”
dari publik kepada perusahaan.
3.
Mulai diterapkan punishment
yang tegas terhadap skandal bisnis oleh pengadilan.
4.
Adanya peningkatan kekuatan control dari LSM.
5.
Tumbuhnya kekuatan publisitas oleh media.
6.
Adanya transformasi organisasi dari “transaction
oriented” menjadi “relation
oriented”.
PRINSIP UMUM ETIKA BISNIS
1.
Otonomi = mandiri.
Sikap dan
kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran
dan bertanggung jawab (dalam bidang bisnis).
2.
Kejujuran.
Menghindari
praktek bisnis curang.
3.
Keadilan.
Setiap
orang diperlakukan sama dan adil sesuai kriteria rasional ,objektip dan
bertanggung jawab.
4.
Manfaat bersama (mutual benefit
principle).
Dalam
persaingan bisnis tidak boleh terjadi upaya saling mematikan.
5.
Integrita moratuntunan internal agar tetap menjaga nama baik
Sasaran
Luang Lingkup dalam Etika Profesi
1. Etika bisnis sebagai etika profesi membahas berbagai prinsip , kondisi dan masalah yang terkait dengan praktek bisnis yang baik . Etika bisnis berfungsi menggugah kesadaran moral pelaku bisnis agar berperilaku baik dalam menjalankan usahanya demi nilai luhur tertentu (agama, budaya) dan demi kelanjutan bisnisnya.
2.Menyadarkan masyarakat (stake holder) yang terdiri dari konsumen (end user), karyawan , pemasok/mitra bisnis, investor dan lingkungan (penduduk disekitar lokasi usaha ) akan hak mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis.
3. Menilai apakah sistem ekonomi disuatu wilayah sesuai dengan etika bisnis apakah masih ada praktek monopoli, oligopoli, money loundring, insider trading, black market, dll.
1. Etika bisnis sebagai etika profesi membahas berbagai prinsip , kondisi dan masalah yang terkait dengan praktek bisnis yang baik . Etika bisnis berfungsi menggugah kesadaran moral pelaku bisnis agar berperilaku baik dalam menjalankan usahanya demi nilai luhur tertentu (agama, budaya) dan demi kelanjutan bisnisnya.
2.Menyadarkan masyarakat (stake holder) yang terdiri dari konsumen (end user), karyawan , pemasok/mitra bisnis, investor dan lingkungan (penduduk disekitar lokasi usaha ) akan hak mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis.
3. Menilai apakah sistem ekonomi disuatu wilayah sesuai dengan etika bisnis apakah masih ada praktek monopoli, oligopoli, money loundring, insider trading, black market, dll.
Kesimpulan
:
Dalam
perkembangan etika bisnis dan profesi di Indonesia sekarang ini dapat disimpulkan
bahwa perilaku yang baik di setiap melakukan
kegiatan bisnis dan profesi masih sangat di kedepankan untuk melangsungkan bisnis
dan profesinya. Dan tentunya keandalan yang di miliki oleh setiap pengusaha.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar