Selasa, 23 Desember 2014

CONTOH KASUS FRAUD ACCOUNTING PERUSAHAAN MULTILATERAL LUAR NEGERI




Sebuah study kasus, Manager  disebuah  perusahaan mengajukan pengunduran diri secara mendadak, karena alasan pribadi.Karena curiga, perusahaan kemudian melakukan pemeriksaan (review) adakah hal-hal yang dilakukan mantan manager tersebut yang merugikan perusahaan.
Dengan menggunakan program deteksi fraud otomatis (automated fraud detection program) diketahui bahwa data-data supplier (supplier master files) mengalami perubahan.Terdapat beberapa nomor rekening (bank account) supplier yang diubah menjadi satu nomor rekening baru yang sama. Ditemukan juga beberapa transaksi yang sudah dilakukan pembayarannya ke nomor rekening baru tersebut.
Setelah dilakukan prosedur  investigasi, ternyata ditemukan bahwa nomor rekening baru itu milik manager  keuangan yang baru saja mengundurkan diri.Berdasarkan fakta dilapangan dan setelah prosedur investigasi ternyata di temukan beberapa keganjilan dari data sebelumnya.

Analisis :
Hendaknya dalam setiap melakukan pekerjaan sebagai manusia selalu berperilaku sopan santun dan beretika dalam berprofesi.

Keterangan :
Nama perusahaan di rahasiakan 

Sumber : 

http://mukhsonrofi.wordpress.com/2008/09/25/contoh-kasus-korupsi-dan-fraud-purchasing

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar